Jumat, 14 April 2017

Implementasi papan tulis elektronik





MAKALAH

IMPLEMENTASI ELEKTRONIC BOARD (PAPAN TULIS ELEKTRONIK) DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Pendidikan Teknologi Informasi

Dosen Pengampu :

Wiwin Hartanto S.Pd., M.Pd.

Di Susun Oleh:

M. Yuhdi

NIM 160210301074

Program Studi Pendidikan Ekonomi/kelas B


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

UNIVERSITAS JEMBER

2016






DAFTAR ISI



COVER MAKALAH.. 1

DAFTAR ISI. 2

BAB 1 PENDAHULUAN.. 3

A. ..... Latar belakang. 3

B. Rumusan Masalah. 4

C. ..... Tujuan. 4

BAB II PEMBAHASAN.. 5

A. ..... Apa itu Electronic whiteboard?. 5

B. ..... Sejarah adanya elektronik whiteboard. 6

C. ..... Kelebihan dan kekurangan Electronic Whiteboard 8

BAB III PENUTUP. 11

A. ..... Kesimpulan. 11

B. ..... Saran. 11

Daftar Pustaka. 12


















BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang meliputi kompetensi pedagogik guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, disamping kompetensi pedagogik yang lainnya. Selain dari itu salah satu kompetensi profesional guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan pengembangan diri. Dari kedua kompetensi tersebut dapat dikatakan bahwa guru harus mampu menggunakan TIK untuk melakukan komunikasi dalam pengembangan dirinya serta mampu menggunakan TIK dalam pembelajaran di sekolah.

Sistem pembelajaran pada zaman sekarang sudah sangat berbeda jauh dengan sistem belajar yang masih terkesan tradisional. Komponen-komponen untuk menunjuang berlangsungnya proses belajar mengajar juga sudah dilengkapi dengan berbagai alat teknologi. Tujuan utama penggunaan teknologi di dalam sistem pembelajaran adalah untuk memudahkan dan mengefektifkan pembelajaran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya dalam waktu dan kondisi yang lebih baik.

Untuk itu strategi implementasi TIK harus dapat menawarkan jalan keluar untuk melengkapi teknologi yang diterapkan, agar dapat lebih menjamin keefektifannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil optimum pemanfaatan TIK akan diperoleh jika teknologi tersebut ditanamkan dalam strategi implementasi yang terjabarkan secara jitu. Jika tidak demikian, TIK hanya akan merupakan pemecahan yang bermasalah, dan dampaknya pasti kurang.

Contoh ringannya adalah papan tulis. Penggunaan papan tulis pada bidang edukasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif antara pengajar dengan pelajar. Berbagai inovasi dan teknologi digunakan untuk membuat papan tulis terbaik demi mendukung proses pembelajaran yang efektif.


B. Rumusan Masalah

1. Apa itu Electronic whiteboard?

2. Bagaimana sejarah adanya electronic whiteboard!

3. Apa Kelebihan dan kekurangan dari Electronic whiteboard dalam pembeljaran di kelas?


C. Tujuan

1. Untuk mngetahui Electronic whiteboard (papan tulis elektronik)

2. Untuk lebih mengenal adanya electronic whiteboard

3. Untuk dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari Electronic whiteboard dalam pembelajaran dikelas












BAB II PEMBAHASAN


A. Apa itu Electronic whiteboard?

Electronic Whiteboard (papan tulis elektronik) atau yang biasa disebut dengan Papan tulis interaktif merupakan revolusioner papan tulis dengan teknologi komputer. Papan tulis elektronik ini adalah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip dengan sistem komputer, karena papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya.

Papan tulis interaktif banyak digunakan sebagai media presentasi. Teknologi papan tulis interaktif memungkinkan terjadinya perekaman presentasi dan pengoreksian apabila terjadi kesalahan. Papan tulis interaktif juga dapat melakukan ”Presentasi Konferensi”, yaitu presentasi yang dapat berlangsung bersamaan di dua lokasi atau lebih. Dalam Presentasi Konferensi, pengoreksian terhadap presentasi yang berlangsung dapat dilakukan melalui media Papan Tulis Interaktif.
Cara kerja dari papan tulis elektronik itu bekerja layaknya PC/laptop. Papan tulis akan dihubungkan ke suatu layar/LCD yang lebih besar(proyektor). Cara mengoperasikan dengan alat yang dikenal sebagai pena tanpa tinta. Pena tanpa tinta sebagai mouse (dalam laptop) dan LCD pada papan tulis interaktif sebagai layar monitor. Pena tanpa tinta sebagai alat tulis di sini memiliki dua fungsi. Pertama, pena diprogram dapat menampilkan warna yang berbeda (layaknya pena biasa), antara lain biru, hitam, merah, dan hijau. Kedua, pena juga berfungsi sebagai penghapus. Ketika telah tersambung dengan komputer dan proyektor, papan tulis ini dapat langsung bekerja.





B. Sejarah adanya elektronik whiteboard
Penggunaan papan tulis pada bidang edukasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif antara pengajar dengan pelajar. Berbagai inovasi dan teknologi digunakan untuk membuat papan tulis terbaik demi mendukung proses pembelajaran yang efektif. Inovasi papan tulis dimulai dengan papan tulis berwarna hitam yang dikenal sebagai blackboard. Blackboard yang diperkenalkan pada tahun 1801, menggunakan kapur tulis berwarna untuk menulis dan menggambar.

Beberapa kekurangan blackboard, antara lain:
1. Penggunaan kapur akan menghasilkan debu yang dapat membuat kotor barangbarang didekatnya dan juga membuat alergi serta memicu penyakit seperti asma pada beberapa orang.
2. Menggunakan kapur untuk menulis di blackboard dapat menghasilkan bunyi yang bagi sebagian orang akan terasa sakit.
Pada tahun 1960, muncul inovasi papan tulis berwarna putih yang dikenal sebagai whiteboard. Whiteboard dibuat untuk mengatasi kekurangan yang ada pada penggunaan blackboard. Beberapa papan tulis whiteboard menggunakan bahan melamin yang ditulisi dengan menggunakan spidol bertinta. Dibalik kelebihan whiteboard yang menutupi kekurangan blackboard, whiteboard juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:
1.Dibandingkan dengan kapur, harga kapur lebih murah daripada harga spidol.
2.Spidol tinta membutuhkan perhatian lebih, karena jika spidol tidak ditutup dengan penutupnya, maka tinta akan menjadi kering.
3.Menggambar dengan spidol terkadang membuat tangan menjadi kotor karena tinta spidol dapat dengan mudah menempel pada tangan jika tersentuh.
Berdasarkan hasil laporan micosoft pada websitenya, pada beberapa proses perkuliahan di ruang kelas Binus University, beberapa pengajar secara tidak sengaja menulisi papan tersebut dengan menggunakan spidol. Kendala-kendala tersebut mendorong mereka untuk membuat sebuah papan tulis pintar dan interaktif yang biasa dikenal dengan sebutan Smart Board. Di dalam Smart Board, layar tembak proyektor akan dibuat menjadi touchscreen, sehingga pengguna dapat lebih leluasa dan lebih interaktif dalam menyampaikan materi dan presentasinya.
Berdasarkan sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh IEEE Pervasive Computing (2008), Lee (2008:39) menyebutkan bahwa teknologi Smart Board dapat dibuat dengan memanfaatkan device WiiMote yang merupakan alat game console Nintendo Wii. Pada umumnya, pemain memegang WiiMote pada satu tangan dan mengarahkannya ke sebuah televisi yang memiliki sensor bar pada bagian atas atau bawah dari televisi. 3 Sensor bar tidak memiliki satu sensor pun, melainkan memiliki dua kelompok infrared LED. Dengan menggunakan kedua kelompok infrared LED tersebut, device WiiMote dapat mengetahui posisi koordinat (x, y), besar putaran WiiMote, dan jarak antara WiiMote dengan sensor bar. Hal inilah yang membuat pergerakan WiiMote dapat menggerakan cursor pada Nintendo Wii. Dari pembelajaran tingkah laku WiiMote dalam membaca sensor bar, Lee mencoba untuk menukar cara WiiMote dalam membaca sensor bar. Pada penggunaan WiiMote, umumnya posisi infrared LED (sensor bar) statis (tidak bergerak), sedangkan WiiMote yang bergerak secara dinamis.
Dalam percobaan Lee, posisi WiiMote dibuat statis, sedangkan infrared LED dibuat bergerak secara dinamis. Hasilnya pergerakan infrared LED dapat membuat cursor bergerak juga. Untuk mempermudah penggunaan, infrared LED dijadikan sebagai bagian dari spidol. Dengan menggunakan spidol infrared LED dan sebuah WiiMote, teknologi Smart Board sangat memungkinkan untuk dikembangkan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis akan mengembangkan aplikasi Smart Board dengan menggunakan device WiiMote dimana aplikasi Smart Board akan menjadi sebuah papan tulis interaktif. Selain itu, penulis juga menambahkan fitur perekaman video dan suara yang sedang disampaikan dalam aplikasi Smart Board dengan tujuan agar audience dapat melakukan review.




C. Kelebihan dan kekurangan Electronic Whiteboard
Fungsi dari Electronic Whiteboard tidak jauh beda dari papan tulis lainnya. Hanya saja ada beberapa fungsi lebih yang bisa kita aplikasikan menggunakan papan tulis ini. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari papan tulis elektronik ini, yaitu:

1. Kelebihan papan tulis interaktif(Interactive Whiteboard)

  1. Terhubung langsung ke komputer. File yang ada di komputer dapat Anda tampilkan melalui papan tulis interaktif ini.
  2. Corat coret dengan pen. Layaknya whiteboard biasa, Anda dapat melakukan corat coret dengan sebuah pen tampa tinta sehingga tidak memperlukan tinta.
  3. Satu pen dan beraneka warna. Nanti di papan tulis akan tampak menu warna yang bisa Anda atur. Sehingga tampilan di papan tulis akan lebih berwarna dan memudahkan presentasi.
  4. Coretan langsung tersimpan di komputer. Dengan papan tulis interakftif ini Anda bisa menyimpan coretan yang Anda buat, baik pada dokumen yang sudah dibuka sebelumnya.
  5. Memiliki fitur-fitur pembantu dalam pengguanaanya, seperti :
  • Perangkat lunak yang memiliki kemampuan perekaman selama proses presentasi berlangsung. Perekaman yang dilakukan antara lain suara pelaku presentasi (presenter), juga materi-materi presentasi, baik yang sudah ada, atau yang telah mengalami proses pengeditan.
  •  Kemampuan melakukan Konferensi Presentasi
  • Teknologi zoom interaktif 
  • Karena teknologi tinggi yang terdapat di dalamnya, ia mampu mengubah tulisan tangan menjadi tulisan teks pada layar komputer (LCD). Ketika ingin mengubah, mengedit presentasi, data, dll, dapat dilakukan langsung pada layar LCD papan tulis interaktif, tanpa harus menggunakan PC/laptop.

e) Selain menjadi teks, papan tulis juga dapat mengubah tulisan tangan ke bentuk gambar. Misalnya, berupa tanda tangan. Bisa langsung pada layar LCD papan tulis interaktif tanpa harus mencetak terlebih dahulu dokumen presentasi tersebut.

f) Teknologi Sistem Pemotongan. Sistem ini mampu memotong suatu tulisan yang ada dalam layar LCD papan tulis interaktif.

ü Terdapat Teknologi Digital Lihat-Sentuh. Teknologi ini dikenal dengan nama touchscreen. Papan tulis interaktif menggunakan teknologi ini dimana pengguna dapat menyentuh muka (layar) papan tulis untuk mengontrol segala aplikasi yang ada pada komputer atau menulis di layar tersebut. Kamera digital (dalam layar papan tulis interaktif) dan perangkat lunak di dalamnya dapat mendeteksi setiap sentuhan jari atau pena tanpa tinta yang digunakan dan ia akan diubah secara otomatis menjadi layaknya mouse di komputer.


2. Kekurangan papan tulis interaktif yaitu :Mahal dan Bisa di pindah namun alat ini lumayan berat.
























BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

Electronic Whiteboard (papan tulis elektronik) atau yang biasa disebut dengan Papan tulis interaktif merupakan revolusioner papan tulis dengan teknologi komputer. Papan tulis elektronik ini adalah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip dengan sistem komputer, karena papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya

B. Saran

Electronic whiteboard atau interactive board merupakan salah satu dari bermacam-macam alat teknologi informasi yang dapat dijadikan solusi dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas, terutama untuk lebih memaksimalkan hasil dari kegiatan belajar sehingga tujuan dari kegiatan belajar mengajar didalam kelas dapat tercapai dengan efektif dan efisien.



Daftar Pustaka
Jurnal internasional IEEE Pervasive Computing (2008)
eInstruction, Global Headquarters , 7125 Riverwood Drive , Columbia, MD 21046, 1.866.496.4949
Seminar Internasional, ISSN 1907-2066
http://www.e-com.cz/technologies-computer-based-training-classrooms.php
https://www.youtube.com/watch?v=SK8InwlWkYg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERJEMAH UNDERSTANDING BY DESIGN® FRAMEWORK BY JAY MCTIGHE AND GRANT WIGGINS https://drive.google.com/file/d/1RhndXqCqHwcQ7ChiVQ5jf2DhKIpeHR...